Ecommerce Apaseeh? - Bimo Septyo Prabowo lahir di Jakarta besar di Jakarta

Sunday, September 16, 2007

Ecommerce Apaseeh?

Elektonik ecommerce yang lebih di kenal dengan e-commerce terdiri dari membeli dan menjual produk atau jasa melalui sistem elektronik seperti melalui internet dan jaringan komputer lainya .Jumlah perdagangan melalui elektonik bertumbuh dengan pesat sejalan dengan berkembangnya internet.yang termasuk e-commerce adalah transfer dana secara electronik, e-marketing ,online-marketing ,proses transaksi online perpindahan data secara electronik , sistem manajemen inventory secara otomatis, perdagangan elektronik modern biasanya menggunakan jasa internet untuk perputaran transaksi. walaupun di ikut sertakan juga email.

Sejarah perdagangan elektronik
------------------------------
Pengertian dari perdagangan elektonik (Electronik ecommerce) telah berubah sejak 30 tahun lalu. Aslinya "Perdagangan elektonik" berarti fasilitas perdagangan dengan bertransaksi menggunakan elektonik. biasanya menggunakan Electronik data Interchange(EDI) dan Electronic Funds Transfer(EFT) yang keduanya diperkenalkan pada akhir tahun 1970 contohnya untuk mengirimkan dokumen komersial seperti surat PO(purchasse Order) atau faktur secara electronik.

Kata elektronik atau huruf e(dalam bahasa inggris)-commerce mengarah pada teknologi atau sistem ,kata perdagangan mengarah pada model bisnis tradisional.Perdagangan Elektronik secara lengkap merupakan kumpulan konsep yang mendukung aktifitas bisnis komersial dalam jaringan. Di tahun 1970 an dan 1980-an juga melibatkan analisis informasi. Pertumbuhan dan di terimanya kartu kredit, ATM(anjungan Tunai Mandiri) , e-banking(atau yang lebih di kenal electronik banking) di tahun 1980-an juga membentuk adanya e-commerce.Bagaimanapun, dari tahun 1990-an dan seterusnya juga melibatkan Enterpise Resource Planing system (ERP), data mining dan data warehousing.

Memasuki era dot com , itu juga termasuk aktifitas yang lebih jelasnya disibut Web Commerce(Pembayaran benda dan jasa melalui internet) dengan menggunakan Secure Connection (HTTPS - protokol server spesial yang mengenkrip data yang di pesan secara rahasia untuk perlindungan konsumen) dengan e-shopping cart dan pelayanan pembayaran electonik, seperti pemberian akses melalui kredit card.

Sekarang ,Itu disempurnakan dengan proses dan aktifitas bisnis secara menyeluruh ,dari e-banking sampai menufakturing lintas negara hingga e-logistic.Ketergantungan dunia industri dengan elektronik membuat proses bisnis memberi dorongan terhadap sistem pendukung ,termasuk ,sistem back-end ,sistem jangka menengah dan sisten aplikasi. Contohnya adalah Broadband dan jaringan menggunakan fiber optik.

Ketika Web menjadi terkenal di masyarakat umum sejak tahubn 1994, banyak jurnalis meramalkan bahwa e-commerce akan menjadi sektor ekonomi utama .Bagaimanapun itu menimbulakan pembuatan pengamanan jaring situs menjadi penting untuk di kembangkan dan secara luas di kerjakan.

Faktor Kesuksesan
-------------------
Dalam banyak hal perusahaan e-commerce akan bertahan tidak saja melalui produknya tapi mempunyai tim manajemen , pelayanan pengantaran barang yang bagus ,struktur bisnis yang terorganisir, keamanan dan infrastruktur jaringan, website yang di desain menurut cita rasa seni.Sebuah perusahan yang ingin suskes harus mempunyai dua hal untuk di tampilkan yaitu:
1)Secara Teknik
2)Aspek Organisasi
Mengikuti faktor tersebut akan membuat perusahaan yang berbisnis akan suskses dalam ecommerce.

Teknis dan Aspek Organisasional
-------------------------------

1) Mencukupi dalam pengerjaan Market Research dan analisis. Ecommerce tidak hanya penjelmaan dari perencanaan bisnis dan hukum dasar permintaan dan penawaran .Kegagalan bisnis merupakan hal yang nyata dalam ecommerce seperti yang terjadi dalam bisnis lainya.
2)Tim manajemen yang bagus dengan strategi teknologi informasi.Perusahaan yang mempunyai starategi IT harus merupakan bagian dari Process Re-design Bisnis.
3)Memberikan kemudahan dan keamanan kepada konsumen dalam bertransaksi. Kredit card yang paling populer dalam dalam pembayaran di internet.,hampir meliputi 90%.Di masa lalu , Angka yang tertera di dalam kartu yang yang digunakan unutk bertransaksi secara aman di antara pedagang dan konsumen melalui gerbang pembayaran secara mandiri.Masih di gunakan untuk bisnis menengah ke bawah.
4) Memberikan keamanan.seperti Pararel server, hardware redudancy, teknologi penjaga file, enkripsi informasi dan firewall yang dapat memenuhi bahasan ini.
5)Memberikan pengelihatan 360 derajat dari sudut pandang konsumen.Memastikan semua karyawan ,suplier dan partner mempunyai sudut pandang yang sesuai dengan perusahaan
6)Mengoperasikan teknologi terbaru dan selalu mengikuti perkembangan teknologi
7)Mengatur perusahaan agar terbiasa dengan perubahaan yang cepat terhadap ekonomi, sosial dan lingkungan.
8)Memberikan website yang menarik .Cita rasa terhadap penggunaan warna ,Grapis ,Animasi ,Photo, Huruf jarak antar spasi yang mungkin dapat membantu terlaksannya hal ini.
Memberikan pengertian ciri khas terhadap produk dan jasa yang di tawarkan. yang tidak hanya memberikan informasi lengkap terhadap produk atau jasa yang di perjual-belikan tetapi menyertakan saran dari para ahli di bidangnya.

Secara Alami penjualan melaui E-Commerce harus menampilkan tugas yang biasa di lakukan terhadap produk tersebut seperti ketersediuaanya , pengirimana ,kepercayaan , meneriman komplain yang datang

Pengalaman Konsumen
--------------------
Organisasi yang menggunakan ecommerce secara sukses harus memberikan kemudahan dan pengalaman terhadap konsumennya, banyak faktor yang dapat membuat terlaksana, Seperti faktor berikut:
1) Memberikan nilai kepada konsumen, Penjual dapat melakukan hal ini dengan menawarkan produk yang dapat menarik potensial konsumen kedalam harga yang kompetitif, seperti perdagangan non kompetitif.
2)Memberikan pelayanan dan kemenpuan. Menawarkan pengalaman pembayaran yang mudah
3)Membeli insetif kepada konsumen untuk membeli dan unutk mengembalikan. Promosi penjualan dapat menggunakan kupon ,penawaran spesial dan diskon. link situs yang mendukung dan program afisialisasi iklan mungkin dapat mendukung
4)memberikan perhatian pribadi.Membuat itus seakan akan pribadi ,menyarankan pembayaran dan membuat hal hal yang seakan akan biasa terjadi dalam penjualan tradisional.
5)Memberikan dukungna komunitas. Forum Chatting ,halaman diskusi

Masalah yang umumnya terjadi dalam ecommerce
--------------------------------------------
Masalah yang sering terjadi dalam ecommerce yaitu:
1)Kegagalan dalam mengerti konsumen, Mengapa mereka membeli dan bagaimana mereka
membeli, Bahkan produk yang dengan nilai yang proposional dapat gagal jika produsen dan
retailer tidak mengerti kebiasaan konsumen, Pengharapan dan motivasi.Ecommerce dapat
mengurangi kekurangan yang dapat menjadi masalah yang potensial melaui proaktif dan
fokus terhadap marketing research. seperti yang di lakukan oleh perdagangan tradisional.
2)Kegagalan untuk mengerti situasi yang kompetitif.
3)Ketidakmampuan untuk memprediksi reaksi lingkungan .Apa yang akan kompetitor lakukan
?Akankan mereka memperkenalkan merk yang kompetitif atau situs yang kompetitif ?
Akankan di menambah terhadap penawaran barangnya? Akankan mereka mensabotase
situs kompetitor lainnya? Akankah terjadi perang harga ? Apakan yang akan di lakukan
pemerintah ?
4) Kegagalan dalam memperkirakan sumber yang akan di daya gunakan
5)Kegagalan untuk memperoleh Komitmen pegawai

Dari hal hal di atas dapat disimpulkan bahwa dalam perdagangan elektronik atau yang lebih di kenal dengan ecommerce selain harus memahami hal hal teknis menyangkut pembuatan situs ecommerce juga harus di pahami ilmu tentang markiting karena hanya mangetahu salah satu dari hal ini akan mendapatkan hasil yang kurang sempurna?
Ibarat Bergerak tanpa perencanaan akan mengahasilkan hasil yang seadanya
Tetapi bergerak secara perencaan akan menghasilkan hal hal yang ingin yang di capai tentu dengan mempertimbangkan kegagalan yang mengkin akan di hadapi :)

2 comments:

Barry said...

Untuk dapat memajukan bisnis e-commerce di Indonesia, hukum mengenai penggunaan internet (cyberlaw) di Indonesia perlu dibenahi secara seksama disamping mengajarkan masyarakat luas mengenai dampak positif dan negatif dalam berbisnis maupun penggunaan fasilitas internet.

Anonymous said...

Betul